Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Bau mulut dalam bahasa medisnya disebut halitosis, konon disebabkan oleh banyak faktor. Penelitian menunjukkan, hampir 85-90% halitosis bersumber dari adanya kelainan di rongga mulut, baik karies gigi maupun infeksi jaringan penyangga gigi.

Namun, bau mulut tidak hanya bersumber dari mulut. Bisa juga penyebabnya dari hidung, jantung, atau karena penyakit tertentu, misalnya kencing manis, infeksi paru-paru, serta infeksi lambung atau usus. Pada anak-anak, bau mulut bisa teradi karena ada benda asing yang masuk ke hidung dan tidak terdeteksi sehingga terjadi pembusukan, lalu menimbulkan bau. Bau ini disebut bau mulut, padahal sumbernya dari hidung. Infeksi karena kanker atau radang amandel kronis juga bisa membuat nafas tidak sedap.

Penyebab lain bau mulut adalah asam lambung tinggi, misalnya pada penderita maag. Bau mulut timbul karena asam dan basa tidak seimbang. Pada penderita maag, misalnya asam lambungnya meningkat. Begitu maag kumat, otomatis tingkat keasaman lambung naik ke atas tenggorokan sehingga timbul bau mulut. Orang yang punya sakit maag sebaiknya sering ngemil agar keasaman di lambung seimbang.

Dengan rajin membersihkan gigi, bau mulut tidak akan datang. Yang sering terjadi saat puasa dan selesai sahur, biasanya orang malas menggosok gigi dan langsung tidur. Padahal, setelah 30 menit tidak makan, keasaman mulut akan meningkat karena sisa asam tidak diangkat.

Saat berpuasa, tidak ada makanan yang masuk ke dalam mulut sehingga mulut dalam keadaan istirahat dalam jangka waktu lama. Saat itu, sisa-sisa makanan yang ada di dalam mulut, terutama yang ada di sela-sela gigi, lidah, dan sekitar gusi akan menumpuk karena daerah tersebut agak sulit di bersihkan. Ini akan mengundang aktivitas bakteri secara berlebihan. Aktivitas bakteri ini akan mempengaruhi bau mulut seseorang.

Bau mulut juga bisa terjadi karena pengaruh makanan. Misalnya, seseorang menyantap makanan yang memiliki bau khas sehingga bau makanan tersebut berakibat pada udara yang dihembuskan. Pada kasus ini, mula-mula makanan diserap oleh pembuluh darah yang masuk ke dalam paru-paru, kemudian diekskresikan (dikeluarkan) dalam bentuk udara yang dihembuskan.

Beberapa jenis makanan tertentu, seperti bawang putih, petai, jengkol, alkohol, atau rokok bisa memicu bau mulut. Jika seseorang termasuk pria yang sring merokok, pasti mulut akan mengeluarkan bau khas.

Bau mulut bisa juga terjadi pada orang yang memakai gigi palsu atau cekat gigi. Untuk itu, harus ekstra keras melakukan perawatan karena alat-alat itu mengandung metal yang akan mengeluarkan bau jika tidak rajin menjaga kesehatannya.

Obat Herbal Bau Mulut

Bahan-Bahan :

- 20 gram kencur

Cara Pemakaian :

- Kencur di cuci bersih
- Lalu dikunyah
- Kemudian telan airnya dan buang ampasnya
- Lakukan secara teratur 3 kali sehari


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Bau Mulut Membantu Mengatasi Bau Mulut Yang Tak Sedap Dan Membantu Memberikan Aroma atau Napas Segar Pada Mulut, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menghilangkan Bau Mulut and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>